RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMA NEGERI 6
Kelas/ semester : X (Sepuluh) / Ganjil
Materi Pokok : Penyajian Karya Musik
Alokasi Waktu : 40 menit X 4 (2 Pertemuan)
No
|
|
Kompetensi
Inti
|
1
|
Kompetensi Inti
|
KI 1 Menghayati dan mengamalkan ajaran
agama yang dianutnya .
|
KI
2 Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli, gotong royong, kerjasama, toleran, damai, santun, responsif dan
proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan
dunia.
|
||
KI
3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural berdasarkan rasa keingintahuannya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait fenomena dan kejadian, serta
menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai
dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
|
||
KI
4 Mengolah, menalar dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait
dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan
mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
|
||
2
|
Kompetensi
Dasar
|
1.1
Menunjukkan sikap penghayatan dan pengamalan serta bangga terhadap seni musik
sebagai bentuk rasa syukur terhadap anugerah Tuhan.
|
2.1 : Menunjukkan sikap kerjasama,
bertanggung jawab, toleran, dan disiplin melalui aktivitas berkesenian
|
||
2.2 : Menunjukkan sikap santun, jujur,
cinta damai dalam mengapresiasi seni dan pembuatnya
|
||
2.3 : Menunjukkan sikap responsif dan
pro-aktif, peduli terhadap lingkungan dan sesama, serta menghargai karya seni
dan pembuatnya.
|
||
3.1 :
Memahami karya musik berdasarkan simbol, jenis nilai estetis dan fungsinya
|
||
3
|
Indikator
|
Menyebutkan jenis-jenis
karya musik
Menuliskan
perbedaan ansambel vokal dengan ansembel musik
Menyebutkan
jenis karya musik berdasarkan perbedaannya
Menjelaskan
pengertian dari komposisi, improvisasi dan arasemen
Menyebutkan
lambang-lambang yang terdapat pada notasi balok
Menuliskan
pengertian masingg-masing dari lambang-lambang yang terdapat pada notasi
balok
Menggambarkan
garis paranada
Menggambarkan
notasi pada garis paranada
Menuliskan
bentuk notasi, nama notasi dan nilainya
Membedakan dua
lambang tanda kromatik
Menggambarkan
tanda kres pada notasi diparanada
Menggambarkan
tanda mol pada notasi diparanada
Menyebutkan
macam-macam tanda kunci
Menggambarkan
tanda kunci G dan F pada paranada
Menuliskan
bentuk, nama dan nilai tanda diam pada notasi balok
Menyebutkan
macam-macam tanda tempo
Menyebutkan
macam-macam tanda dinamik
Menyebutkan
tanda-tanda ekspresi
Menuliskan
pengertian dari notasi angka
Membedakan
penulisan nada rendah, sedang dan tinggi
|
4
|
Tujuan
Pembelajaran
|
Dengan
penjelasan, siswa dapat menyebutkan jenis-jenis karya musik
Siswa dapat
menuliskan perbedan ansambel vokal dengan ansambel musik
Siswa dapat menyebutkan
jenis karya musik berdasarkan perbedaannya
Siswa dapat menjelaskan
pengertian dari komposisi, improvisasi dan arasemen melalui contoh-contoh
lagu yang diberikan
Siswa dapat menyebutkan
lambang-lambang yang terdapat pada notasi balok
Siswa dapat menuliskan
pengertian masing-masing dari lambang-lambang yang terdapat pada notasi balok
Siswa dapat menggambarkan
garis paranada
Siswa dapat menggambarkan
notasi pada garis paranada
Siswa dapat menuliskan
bentuk notasi, nama notasi dan nilainya
Siswa dapat membedakan
dua lambang tanda kromatik
Siswa dapat menggambarkan
tanda kres pada notasi diparanada
Siswa dapat menggambarkan
tanda mol pada notasi diparanada
Siswa dapat menyebutkan
macam-macam tanda kunci
Siswa dapat menggambarkan
tanda kunci G dan F pada paranada
Siswa dapat menuliskan
bentuk, nama dan nilai tanda diam pada notasi balok
Siswa dapat menyebutkan
macam-macam tanda tempo
Siswa dapat menyebutkan
macam-macam tanda dinamik
Siswa dapat menyebutkan
tanda-tanda ekspresi
Siswa dapat menuliskan
pengertian dari notasi angka
Siswa dapat membedakan
penulisan nada rendah, sedang dan tinggi dengan memberikan contoh
partitur-partitur yang bernada rendah, sedang dan tinggi
|
5
|
Materi
Pembelajaran
|
|
6
|
Alokasi Waktu
|
4 X 40 menit
(4 Pertemuan)
|
7
|
Strategi /
Metode Pelajaran
|
Model
pembelajaran saintifik
Metode
pembelajaran: ceramah dan diskusi
|
8
|
Kegiatan
Pembelajaran
|
|
9
|
Sumber Media
|
Leptop dan
speaker
|
10
|
Penilaian
|
|
Materi:
A. Pengertian
Musik
Banyak
pengertian tentang musik, ada yang berpendapat:
- Musik adalah
bunyi yang disukai oleh manusia
- Musik adalah
bunyi yang terdiri dari ritmik dan melodi yang teratur
-
Musik adalah bunyi yang enak untuk
didengar (Schafer, 1995).
Musik
adalah Suatu bunyi yang terdiri dari susunan-susunan Musik. Susunan-susunan
musik itu contohnya: birama, melodi, nada, tempo,
Musik
terdiri dari beberapa gendre:
-
Musik barat
- Musik
klasik
- Musik
jass
- Musik
pop
- Musik
daerah
- Musik
dandut
-
Musik keroncong, dll
Musik
sebagai simbol:
Karya
musik yang dihsailkan oleh pemcipta musik dituliskan dalam bentuk simbol atau
lambang-lambang tertentu. Notasi musik yang biasa disebut dengan not berfungsi
untuk menyatakan tinggi dan rendahnya serta panjang pendeknya nada. Nada
memiliki pengertian, yaitu suara yang teratur panjang pendeknya, keras
lemmbutnya serta tinggi rendahnya. Dalam penulisannya, notasi musik dibagi
menjadi dua macam, yaitu notasi balok dan notasi
a. Notasi
Balok
Notasi balok adalah penulisan musik dengan
menggunakan lambang-lambang pada balok-balok berupa jajaran garis. Untuk
penulisannya menggunakan garis horisontal untuk menempatkan titi-titi nada.
Not-not yang digunakan dalam balok dinamakan not mutlak. Hal ini dikarenakan
tinggi rendah dan jarak not-not tersebut sudah pasti meskipun dengan
menggunakan alat-alat yang berbeda-beda. Lambang-lambang yang terdapat pada
notasi balok, antara lain.
1.
Garis Paranada
Garis paranada
terdiri atas lima garis sejajar mendatar dan empat spasi yang disusun dengan
jarak yang teratur. Garis paranada ini biasa disebut dengan sangkar nada,
stave, titian nada atau balok not. Garis paranada dihitung dari bawah dan di
antara garis tersebut ada suatu bidang yang disebut spasi. Perhatikan garis
paranada dibawah ini.
2.
Bentuk not dan nilai not
Notasi balok
memiliki bagian-bagian, yaitu kepala, tangkai dan bendera
3.
Tanda birama
Tanda birama
adalah ketukan atau tekanan yang berulang-ulang secara teratur pada suatu lagu.
Tanda birama disebut juga dengan tanda sukat, metrum atau maat. Setiap parnada
biasanya terbagi atas garis-garis tergak lurus. Garis tegak lurus ini berfungsi
untuk membatasi jumlah not yang dinyanyikan dalam setiap ruasnya. Garis yang
digunakan sebagai pembatas tersebut dinamakan garis birama. Selanjutnya
ruas-ruas yang dihasilkan oleh garis tersebut dinamakan ruas biarama. Tanda
birama birama berbentuk pecahan yang memiliki pembilang dan penyebut. Pembilang
untuk menyatakan jumlah ketukan pada setiap ruas birama, sedangkan penyebut
untuk menyatakan satuan nilai not dari setiap ketukan. Contoh 2/4 berarti bahwa
setiap ruas birama jumlah ketukannya ada lah dua ketuk dan memiliki nilai
satuan not ¼ .
4.
Tanda kromatik
Tanda kromatik
adalah tanda untuk menaikkan dan menurunkan nada. Terdapat dua buah tanda
kromatik, yaitu tanda kres dan tanda mol.
a.
Tanda kres dilambangkan dengan #. Tanda
kres digunakan untuk menaikkan nada ½ laras. Contoh tanda kres:
b.
Tanda mol
Tanda mol
dilabangkan dengan (b). Tanda mol digunakan untuk menurunkan nada ½ laras.
Tanda mol apabila dituliskan pada garis paranada adalah sebagai berikut:
5.
Tanda kunci
Kunci merupakan
tanda untuk mengetahui nada apa yang akan dilambangkan oleh not balok. Tanda
kunci ini letakkan pada garis awal garis paranada. Terdapat tigas jenis kunci,
yaitu kunci G, kunci F dan kunci C.
a. Kunci G disebut juga dengan unci biola
karena digunakan dalam penulisan nada-nada yag tinggi. Kunci G memiliki bentuk
yang melinkgar dan berhenti tepat pada garis paranada yang kedua.
b. Kunci F disebut dengan kunci bas karena
digunakan untuk penulisan nada-nada yang rendah. Kunci F memiliki bentuk
seperti huruf C terbalik dengan dua titik di belakangnya.
c. Kunci C berbeda dengan kunci G dan kunci
F. Letak kunci C dapat di mana saja disesuaikan dengan jenis suara yang ada
pada lagu.
6.
Tanda diam disebut juga sebagai tanda
senyap. Pada not balok, tanda diam memiliki bentuk dan nilai yang berbeda-beda.
Berikut ini bentuk, nama dan nilai tanda diam pada notasi balok.
7.
Tanda tempo
Berfungsi untuk
menyatakan cepat lambatnya lagu waktu dibunyikan atau dinyanyikan. Tanda tempo
dituliskan di sebelah kiri atas lagu. Ada tiga kelompok tanda tempo, yaitu
tanda tempo cepat, sedang, lambat.
A.
TANDA TEMPO CEPAT :
1. Allegro : cepat
2. Allegratto
: agak cepat
3. Allegrissimo : lebih cepat
4. Presto
: cepat sekali
5. Presstissimo
: secepat-cepatnya
6. Vivase : cepat dan girang
B.
TANDA TEMPO SEDANG :
1. Moderato
: sedang
2. Allegro
moderato : cepatnya sedang
3. Andante
: perlahan-lahan
4. Andantino
: kurang cepat
C.
TANDA TEMPO LAMBAT :
1. Largo
: lambat
2. Largissimo : lebih lambat
3. Largeto
: agak lambat
4. Adagio
: sangat lambat penuh perasaan
5. Grave
: sangat lambat sedih
6. Lento
: sangat lambat berhubung-hubungan.
8.
Tanda dinamik adalah tanda yang
digunakan untuk menentukan keras lembutnya lagu. Tanda dinamika biasanya
ditampilkan dengan menggunakan singkatan huruf. Tanda dinamik, antara lain
seperti berikut:
1) f : forte = keras
2) ff : fortissimo = sangat keras
3) fff : fortissimo assai =
sekeras mungkin
4) mf : mezzo forte = setemgah keras
5) fp : forte piano = mulai
dengan keras dan diikuti lembut
6) p : piano = lembut
7) pp : pianissimo = sangat
lembut
8) ppp : pianissimo possibile =
selembut mungkin
9) mp : mezzo piano = setengah
lembut
9.
Tanda ekspresi merupakan tanda untuk
menggambarkan perasaan atau penjiwaan yang harus dibawakan oleh pemain musik
dan penyanyi dalam membawakan sebuh lagu.
b) Notasi
angka
Notasi angka adalah penulisan karya musik dengan
menggunakan angka sebagai not-notnya. Angka yang digunakan adalah 1, 2, 3, 4,
5, 6, 7 dan biasa disebut dengan solmisasi.
1.
Nada rendah dengan cara memberikan titik
dibawah angka.
2.
Nada sedang tanpa memberikan titik pada
angka
1 2 3 4 5 6 7
3.
Nada tinggi dengan cara memberikan titik
pada bagian atas angka.
Kegiatan
Pembelajaran: Pertemuan Pertama
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberi salam dan siswa merespon salam dari
guru
2.
Guru mengabsen kehadiran siswa
3.
Siwa menerima informasi tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan
4.
Siswa menerima informasi kompetensi, materi,
tujuan, dan langkah pembelajaran yang akan dilaksanakan
|
10
menit
|
Inti
|
1.
Siswa mengamati,
membaca dan mendengarkan informasi tentang pengertian musik dan
budaya
2.
Siswa menanyakan
tentang pengertian musik dan budaya
3.
Guru memberikan 2 contoh lagu sturut dengan
penyajian karya musik
4.
Siswa mencobamengemukakan
pendapatnya dengan diberikannya lagu tersebut
5.
Siswa Membandingkan konsep, teknik, dan prosedur
dalam penyajian karya musik
6.
Guru memberikan penjelasan tentang jenis-jenis
karya musik
7.
Guru memberikan contoh
8.
Guru mengasosiasikan
siswa dengan memberikan tugas kepada murid untuk membedakan ansambel
campuran, ansambel vokal dan ansambel musik dengan memutarkan 5 macam video
9.
Siswa mengkomunikasikan
dengan mengumpulkan jawaban-jawaban mereka di depan kelas
|
60
menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
2.
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
3.
Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
|
10
menit
|
Pertemuan
ke dua:
KEGIATAN
|
DESKRIPSI
KEGIATAN
|
ALOKASI
WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.Guru memberi
salam dan siswa merespon salam dari guru
2.Guru
mengabsen kehadiran siswa
3.Siswa
merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan kondisi dan pembelajaran
sebelumnya
4.Siwa
menerima informasi tentang keterkaitan pembelajaran sebelumnya dengan
pembelajaran yang akan dilaksanakan
5.Siswa
menerima informasi kompetensi, materi, tujuan, dan langkah pembelajaran yang
akan dilaksanakan
|
10 menit
|
Inti
|
1.Siswa mengamati dengan membaca dan mendengarkan
informasi tentangmacam-macam simbol dalam karya musik
2.SiswaMengumpulkan
informasi dari berbagai sumber belajar tentang simbol-simbol karya musik
3. Guru
menjelaskan macam-macam simbol dari notasi balok
4. Guru
memberikan contoh kepada murid dengan memberikan contoh-contoh lagu yang
berkaitan dengan simbol-simbol pada karya musik
5. Siswa menanyakan dan mencoba fungsi dan letak simbol yang tepat pada garis paranada
6. Guru
memberikan tugas dengan menggambarkan paranada beserta simbol yang lainnya
7. Mengasosiasikan: Siswa mengerjakan
tugas yang sudah diberikan oleh guru
8. Mengkomunikasikan: Dengan diwakili 2
orang siswa, siswa tersebut mengemukakan pendapatnya atas jawaban tugas
tersebut didepan kelas
|
60 menit
|
Penutup
|
4.
Siswa bersama guru menyimpulkan pembelajaran
5.
Siswa melakukan refleksi terhadap kegiatan yang
sudah dilakukan
6.
Siswa dan guru merencanakan tindak lanjut
pembelajaran untuk pertemuan selanjutnya
|
10
menit
|
LAMPIRAN
a.
Lembar Kinerja
Presentasi
PENILAIAN KINERJA PRESENTASI
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Seni
Musik)
Kelas/Peminatan : X
Materi
Pokok : Penyajian Karya Musik
No
|
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
||
1
|
Komunikasi
|
|
|
|
2
|
Sistematika penyampaian
|
|
|
|
3
|
Wawasan
|
|
|
|
4
|
Keberanian
|
|
|
|
5
|
Antusias
|
|
|
|
6
|
Penampilan
|
|
|
|
Rubrik:
Aspek yang dinilai
|
Penilaian
|
||
1
|
2
|
3
|
|
Komunikasi
|
Tidak ada
komunikasi
|
Komunikasi sedang
|
Komunikasi Lancar
dan baik
|
Sistematika penyampaian
|
Penyampain tidak
sistematis
|
Sistematika
penyampaian sedang
|
Sistematika
penyampaian baik
|
Wawasan
|
Wawasan kurang
|
Wawasan sedang
|
Wawasan luas
|
Keberanian
|
Tidak ada
keberanian
|
Keberanian sedang
|
Keberanian baik
|
Antusias
|
Tidak antusias
|
Antusias sedang
|
Antusias dalam
kegiatan
|
b. Lembar Penilaian Proyek
Matapelajaran : Seni Budaya (Musik)
Nama
Proyek : Laporan Penyajian Karya
Musik
Alokasi
Waktu : 2 x 40 menit
Guru
Pembimbing :
Nama :
NIS :
Kelas :
No
|
ASPEK
|
SKOR (1-5)
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
1
|
PERENCANAAN:
a.
Latar belakang
b.
Rumusan masalah
c.
Tujuan penulisan
|
|
|
|
|
|
2
|
PELAKSANAAN
a.
Ketepatan pemilihan Lagu
b.
Orisinalitas laporan
c.
Mendeskripsikan jenis, simbol dan nilai
estetis dalam konsep penyajian karya musik
d.
Mendeskripsikan tentang bahan dan alat, serta
media dan teknik dalam membuat
penyajian karya musik
e.
Struktur/logika penulisan disusun dengan jelas
sesuai metode yang dipakai
f.
Bahasa yang digunakan sesuai EYD dan komunikatif
g.
Daftar pustaka yang dapat dipertanggungjawabkan
(Ilmiah)
|
|
|
|
|
|
3
|
LAPORAN
PROYEK:
a.
Kesimpulan sesuai dengan rumusan masalah
b.
Saran relevan dengan kajian, dan berisi pesan
untuk peningkatan kecintaan terhadap hasil karya seni musik Indonesia
|
|
|
|
|
|
c.
Lembar Observasi
Penilaian Sikap Kerja Kelompok
LEMBAR
OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
KERJA
KELOMPOK
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Seni
Musik)
Kelas/Peminatan : X
Materi
Pokok : Penyajian Karya
Musik.
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
|||
kerjasama
|
tanggungjawab
|
toleran
|
disiplin
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||||
1.
|
………..
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian
skor:
4. Sangat baik
3. Baik
2. Cukup
1. Kurang.
d.Lembar
Observasi Penilaian Sikap Kerja Individu
LEMBAR
OBSERVASI PENILAIAN SIKAP
KERJA
INDIVIDU
Mata
Pelajaran : Seni Budaya (Seni
Musik)
Kelas/Peminatan : X/ MIPA, IPS, Bahasa
Materi
Pokok : Penyajian Karya Musik
No
|
Nama Siswa
|
Observasi
|
Jml
Skor
|
NilaI
|
||||
santun
|
jujur
|
Cinta damai
|
Menghargai karya
sendiri
|
Menghargai karya
orang lain
|
||||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
(5)
|
||||
7.
|
………..
|
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
11.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
12.
|
Dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan pengisian
skor:
4. Sangat baik
3. Baik
2. Cukup
1. Kurang.
Pontianak, September 2014
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran
KepalaSekolah
DedenDikmatChaidir,
S.Pd Ponirah,
S.Pd
0 komentar:
Posting Komentar